Memurnikan Amal

Abu Sulaiman ad-Darani berkata, “Barangsiapa yang memurnikan amal, dia pun akan di jernihkan kondisinya. Dan barang siapa yang mengeruhkan amal, dia pun akan dikeruhkan. Orang yang berbuat baik di waktu malamnya, dia akan diberi kecukupan disiang harinya. Sedangkan orang yang berbuat baik di waktu siangnya, dia akan dicukupkan pada malam harinya.”

Seorang Syaikh mengelilingi majelis dan berkata, “Barang siapa yang ingin diberi kesehatan berkelanjutan, hendaknya dia bertaqwa kepada Allah.”

Al-Fudhail bin Iyadh berkata, “Sungguh aku benar-benar bermaksiat kepada Allah, lalu aku bisa mengenal hal tersebut tercermin pada kelakuan tunggangan dan budak perempuanku.”

Kapan saja engkau melihat kondisimu suram, maka ingatlah ada nikmat yg tidak engkau syukuri, atau adanya kesalahan yang engkau kerjakan.

Abu Ali ar-Rudzbati berkata, “Termasuk ketertipuan diri kala engkau berbuat buruk, lalu Allah berbuat baik padamu dan engkau tak mau bertaubat; karena menyangka bahwa dirimu telah dimaafkan dalam kesalahanmu itu.”

Sumber, Hal.11

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *