Kebiasaan Jelek

Barusan secara tidak sengaja saya mampir ke blog Leo Babauta, dimana topik postingan tersebut berisikan tentang bagaimana cara keluar dari kebiasaan jelek. Top Markotop ! Kebetulan beberapa hari ini saya memang kepikiran tentang suatu kebiasaan jelek yang saya miliki, dimana dampaknya cukup merugikan, walaupun belum parah-parah amat..  😀

Setelah saya baca sekilas, beberapa poin yang saya tangkap adalah bahwa kebiasaan jelek yang selama ini masih tetap ada karena cara pandang kita yang tidak mendukung seperti; anggapan kita tidak punya kekuatan untuk bisa meninggalkan kebiasaan tersebut, menyerah begitu saja dengan keadaan, dan atau tidak benar-benar berani berkomitmen agar bisa berhenti total.

Saya setuju. Tapi secara pribadi dan berdasarkan pengalaman selama ini, penyebab kebiasaan jelek tersebut tetap ada, saya lebih cendrung pada penyebab ketiga. Orang yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan jelek mereka disebabkan mereka tidak mau / merasa berat berkomitmen berhenti dari kebiasaan tersebut.

Sedangkan tips bagaimana cara menghilangkan kebiasaan jelek tersebut sifatnya relatif. Apapun metodenya tetap bagus. Namun yang menjadi poin penting itu tetap memang harus komitmen dulu, baru kemudian menjalankan tips yang cocok dan sesuai dengan kondisi yang bersangkutan.

Sebagai perbandingan, tips menghilangkan kebiasaan jelek dari blog yang saya kunjungi tersebut bisa lihat disini, A Brief Guide to Quitting a Bad Habit. Bagi yang belum/susah mengetahui apa-apa saja kebiasaan jelek yang dimiliki, bisa ditanya kepada orang-orang terdekat. Dengan begitu mungkin bisa sedikit membantu untuk antisipasi serta mencari solusi agar kita bisa benar-benar bebas dari kebiasaan tersebut kedepannya.

Bagaimana dengan Anda ? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *